Rencana Apple Memacu Si Kencang Mac Pro

Mac Pro merupakan jajaran produk Apple yang berplatform spesifikasi super tinggi. Bayangkan, dengan dua prosesor Nehalem dari Intel dan 32GB RAM, mampu mendongkrak kinerja grafis yang memukau. Tapi platform tersebut tidak seberapa jika dibandingkan dengan generasi penerus Mac Pro nanti. Ya, tahun depan kita akan melihat Mac Pro dengan 12 core prosesor dan 128GB RAM! wow.. bukan sekedar Big Mac, tapi benar-benar Mega Mac!




Website Mac melaporkan bahwa Apple akan mengeluarkan Mac Pro yang diperkuat Prosesor Gulftown pada awal 2010 nanti, beberapa bulan sebelum peluncuran chip tersebut ke publik. Untuk saat ini, Mac Pro menggunakan satu atau dua prosesor CPU Nehalem, 4-core Xeon 5500 dengan ram sampai 32GB.

Nehalem dibuat berdasar proses manufaktur 45nm. Proses tersebut merupakan proses peralihan Intel ke teknologi 32nm (Westmere), Gulftown merupakan prosesor Xeon yang memiliki 6 core, dan generasi prosesor desktop baru Intel i9 juga sama-sama dibuat dengan proses Westmere.

Dikabarkan platform yang memiliki fitur grafis terintegrasi, engine virtualisasi yang baru dan dukungan enkripsi ini akan diluncurkan setidaknya awal tahun depan. Dapat diprediksi bahwa beberapa produsen komputer server ataupun workstation akan meluncurkan produk Gulftown mereka pada kuartal kedua 2010 mendatang.

Gulftown 35nm Processor: Intel i9

Hmm.. kabar-kabarnya sih Apple akan meluncurkan platform itu lebih awal, diperkirakan kuartal pertama. Tidak tanggung-tanggung, Mac Pro nantinya akan berkekuatan satu atau dua Gulftown, artinya 12 atau 24 thread, kapasitas RAM sampai 128 GB dengan dukungan satu modul RAM sebesar 8 sampai 16GB, wow meningkat empat kali dari sebelumnya. Perlu diketahui, Mac Pro terbaru nantinya akan mendukung ethernet berkecepatan 10GB/s.
(cm/lif)

No comments:

Post a Comment

Share Computers Business Directory - BTS Local Top Computers blogs DigNow.net Computer Blogs - BlogCatalog Blog Directory






Promote Your Blog


Locations of visitors to this page

Add to Technorati Favorites


sponsored by: