Cegah Virus dengan mematikan Autorun pada Vista

Akhir-akhir ini banyak sekali virus dan worm yang cepat sekali menyebar melalui media penyimpanan dan jaringan. Khususnya dalam media penyimpanan, virus/worm mudah sekali menginfeksi beberapa komputer melalui media tersebut semisal Flash Disk dengan bantuan fasilitas AutoRun pada sistem komputer tersebut. Nah, untuk mencegah virus tersebut menginfeksi komputer kita pada saat flash disk dipasang, maka fitur AutoRun harus dimatikan.





Mematikan fitur AutoRun pada Windows Vista

Sebetulnya ada beberapa cara untuk mematikan fungsi autorun yaitu dengan mengubah registry, menggunakan Local Group Policy Editor, menggunakan software pihak ketiga dan lain-lain. Kali ini kita akan menggunakan bantuan Local Group Policy Editor. Local Group Policy Editor hanya dapat dibuka secara manual, artinya kita tidak menemukan shortcut-nya baik di Programs ataupun di Control Panel.

Oleh karena itu, untuk membukanya cukup ketik gpedit.msc di Run. Mengingat Windows Vista tidak memasang Run di Start Menu-nya, maka untuk membuka Run cukup tekan tombol Windows + R. Setelah Local Group Policy Editor terbuka, di situ terdapat dua bagian konfigurasi, yaitu Computer Configuration dan User Configuration. Computer Configuration berfungsi untuk mengatur konfigurasi komputer secara keseluruhan, sedangkan User Configuration hanya berlaku untuk user yang sedang aktif saja.


Ok, untuk mematikan fungsi Autorun maka kita harus mengeset setting "Turn off Autoplay" ke enabled. Setting tersebut berada di dalam folder "AutoPlay Policies". Ingat! setting dan folder tersebut kedua-duanya berada di Computer Configuration dan User Configuration, sehingga disarankan untuk mematikannya di dua konfigurasi tersebut.


Pertama-tama buka Computer Configuration, lalu buka Administrative Templates kemudian Windows Components. Di dalam folder tersebut kita temukan folder AutoPlay Policies, buka folder tersebut, lalu double-click "Turn off Autoplay" untuk membuka properties-nya. Set ke Enabled, dan di bawahnya terdapat pilihan "Turn off Autoplay on:", pilih ke "All drives". Langkah-langkah tersebut harus dilakukan di User Configuration. Setelah selesai dikonfigurasi, cobalah colokkan flash disk atau masukkan CD-ROM Anda, apakah fitur autorun/autoplay keluar atau tidak. Jika tidak, maka langkah-langkah tersebut berarti berhasil dan Worm/Virus tidak langsung menginfeksi.

No comments:

Post a Comment

Share Computers Business Directory - BTS Local Top Computers blogs DigNow.net Computer Blogs - BlogCatalog Blog Directory






Promote Your Blog


Locations of visitors to this page

Add to Technorati Favorites


sponsored by: